Foto: Tebby Wibowo, Soleh Solihun, Wendi Putranto
Bandung Berisik 2011!! suatu acara hajatan metal di bandung yang paling saya tunggu2 dari sekitar tahun 2003 akhirnya bisa ada lagi kemaren tgl 11 juni 2011. Well thx God saya kemaren bisa nonton bareng anak anak, sebenernya isu-isu Bandung berisik v akan ada lagi sudah saya dengar dari awal tahun 2011 hanya memang sebatas dari mulut ke mulut saja so memang blm terbukti kebenarannya takut disangka hoax, karena hampir tidak mungkin event metal besar bisa kembali digelar di kota bandung, fix nya memang saya pertama baca di twitter bahwa memang akan di gelar Bandung Berisik 2011 yang memang akan lebih profesional dibandingkan bandung berisik sebelumnya karena akan menggunakan EO dan pihak sponsor yang bonafit (maaf saya tidak sebutkan merk ntar disangka iklan) dan band-band pengisi acara juga keren keren. Dari cara booking tiket via online dan promosi gede-gedean dari pihak sponsor yang memang edan, beda sama bandung berisik 4 yg panitia dan tukang jaga tiket nya pada kobam parah hahah.

Saya berangkat ke Bandung dengan rombongan paramonster yang datang ke venue di brigif cimohai a.k.a Cimahi kurang lebih jam 2an, rada telat emang kita sengaja karena menurut rundown acara nya band-band keren akan start jam 3 sore. Dari kejauhan sudah terdengar bunyi gaduh yang berisik dan banyak para metalhead lengkap dengan baju hitam dan atribut metalnya yang sedang jalan kaki menuju venue, woow! saya semakin terpacu andrenalinnyeee..jadi inget zaman jahiliah saya dulu. Pas sampe kebetulan kita booking tiket via online jadi ga ngantri dan memang panitia sudah mempersiapkan dengan matang untuk penukaran tiket dan pembelian langsung, wew luar binasaa! ini Bandung Berisik gituu loh, acara metal pula angs kereeen! Sampai juga kita di gate yang megaaaah, kita terpana dengan set panggung, sound serta booth-booth pelengkap lainnya, anjeeeng mantep! Sewaktu masuk kita lewati beberapa security check dan bagi yg memakai gesper harus di tuker dengan tali rapiaah warna biru hahahaha, untung saya tidak pake gesper slayer saya yang import punya, bisa dadah. Sound tatanan panggung sungguh megah, sepertinya 200rb watt dihajar dengan musik cadas sungguh sangat istimewa, line array, amply marshall yang cabinet nya saya hitung total 12 biji dan set drum yang portable sungguh sangat kereen, kapan cirebon bisa seperti ini yes? Ini baru yg nama nya metalfest coy!!! aman nyaman dan aseeeek..masuk stage ada pemisahan buat khusus stage diving, yang mau masuk stage diving dilarang merokok dan harus dalam kondisi fit, anjiing kereen benar-benar mendukung buat moshing!

Set band sudah ada Parau band dari Bali menyambut kita dengan suguhan death metal yang apik dengan performance yang maksimal, wajar sih saya yakin mereka pasti latihan maksimal untuk play di Bandung Berisik. Lanjut setelah parau kemudian menyusul Infamy, jujur Infamy tidak begitu menyita perhatian saya karena maaf tidak ada yg istimewa kecuali bassist dan drummer nya. Metal format empat orang dengan sound gitar kurang maksimal. Lanjut kemudian Outright, nah ini pahlawan baru hardcore dari Bandung!! Keren abis ala NYHC Madball bergabung dengan Hatebreed, performance yang sungguh maksimal dari mereka. Soundnya mantep, bloking panggung dari tiap personil keren, gitarisnya barata keren gitarnya euy bikin iri tapi ada satu yang buat saya kecewa, ko kenapa haruus bawain sepultura yes? hmmm too bad. Skip beberapa band yes karena setelah Outright kita langsung liat Down For Life, mantep! metalcore ala Lamb of God dari sisi vocal dan agak ke arah swedish tapi ga terlalu dominan karena sang vocal lebih ke tough guy. Beda dengan penampilan mereka sebelumnya sewaktu saya pertama kali liat di Solo, lumayan rapih dan terlihat sekali mereka mem-prepare dengan sangat untuk event Bandung Berisik 2011 ini. Lanjuuut... Kemudian di hajar Cranial Incisored, band mathcore chaotic ala Dillinger dari kota gudeg Jogja sungguh membuat para publik melongo karena mereka memainkan musik yang benar-benar tehnical dan apik, mantap! ada jazz swing kemudian tiba-tiba dihajar kembali ke metal dengan nada-nada deminished mantaps hehe sayang sang vokalis terlihat grogi sewaktu berinteraksi dengan penonton. Kemudian ada Jeruji setelah itu, pa haji Themfuck dan kawan tetap prima dengan suguhan musik hc punk yang berenergi seperti tatapan Themfuck sang vokalis membuat para metalheads bermoshpit ria tetapi tidak ada yg berantem men. Lanjut break adzan magrib, sewaktu break kita putar puter sambil liat booth dengan segala bentuk tampilannya dari mulai distro-distro, art sampe daftar silat khas sunda. Tapi ada yang kurang dari Bandung Berisik 2011 kemarin yaitu stock makanan yang memang ketika saya dan anak-anak akan makan ternyata banyak yang sudah habis dan stock sajian nya kurang variatif, yang ada malah menu baso 10rb dapet 5 baso sajaa anjriit sungguh sedih dikala perut lapaar, untuk yang kedua stock kamar mandi atau toilet yang jauh dan tidak banyak, memang panitia membuat map dimana ada tempat untuk ke kamar mandi, tapi berhubung jauh dan hanya ada kurang lebih 3 portable wc jadi saya dan anak-anak ketika kencing harus ala gembel dengan cara mendekatkan diri ke tembok gelap langsung cooor.

Break setelah magrib lanjut Beside tampil. Owangk dkk sungguh sangat apik memainkan musik swedish ala mereka, dengan permainan gitar Hinhin dan Ichad yang rada shredder menjadi sebuah tontonan yg menarik, ditambah sound gitar yang mantap membuat saya iri. Lanjut kemudian Rosemary tampil, maaf no comment fo' band ini. Pasukan dari rawa Komunal sudah bersiap setelah Rosemary, tampak raungan gibson di padu padankan dengan marshall sudah di set. Jreeng komunal tampil, sayang beberapa kali sang drummer mengalami kendala untuk sound out nya, tapi mereka tetep maksimal dengan musik blues ala neraka mereka serasa menyanyikan hyme bagi seorang biker yang akan touring keliling US (lebay). Selanjutnya Disinfected, band grindcore dari uber (Ujung Berung) yang di motori oleh Ameng sang vokalis yang juga founder rokok local morbid nicotine mengerinda telinga saya, dengan sajian musik ala Devourment mereka mem-blasting para metalhead dengan musik grindcore yang apik, apalagi sang drummer yang tampak piawai sekali memaikan teknik blast beat nya. 666Forgotten666 langsung merapat ke panggung setelah Disinfected, keren lah lumayan hehe..ga tau kenapa perasaan dulu mah juara pisan ini band pas saya kuliah taa, tau sekarang asa gimana gituh. Stop! it's Seringai time!! weeer...saya, Donald dan Abel langsung reflek menuju ke tempat area moshpit. Jreeeeeng raungan suara messaboggie dari gitar Ricky Siahaan sudah terdengar disusul personil yang lain. Intro kemudian mereka mainkan, benar-benar for bikers Seringai mah heheh mantap! "Bandung Berisiiiiik!!!" teriak sang vocalis Arian 13 datang dari belakang, langsung disusul dengan aplaus para metal head. Jreeeng, entah disitu saya lupa karena saya, Donald dan Abel langsung menggila di tengah circle pit, mantap Seringai benar-benar membakar! Jasad tampil setelah itu, karena saya kelelahan saya kembali ke tempat anak-anak kumpul. Drummer nya mantap, gravity blast sang drummer sungguh sangat apik membuat Andryan tercengo! Untuk instrument yang lainnya tampak kurang menggelegar, ga tau apa memang musik deathmetal mereka seperti ini atau bagaimana, perasaan sekelas Dying Fetus saja masih clear untuk semua alat musik nya, too bad tapi Manjasad tetep juara dese bernyanyi sambil udud kretek seperti biasa,hehe kamana atuh mang?

Setelah jasad, ini band yg paling ditunggu-tunggu yaitu Burgerkill!! Just info sebelum mereka perform mereka sempat coaching dan sharing tentang album baru mereke dan lain sebagainya di salah satu booth di Bandung Berisik. Kebetulan saya dan Dimas bertemu langsung dengan pak Eben dan Andris nya dan mereka tetap humble dengan obrolan yang seadanya karena mereka juag harus prepare untuk persiapan perform, tapi tak apa lah namanya jg bertemu dengan idola. Sebelum BK tampil tampak seluruh crew mempersiapkan dengan matang mulai dari pemasangan back drop untuk amply gitar, pengecekan ulang alat dan lainnya. Kurang lebih prepare 10 menit, lama tapi so what? mereka artisnyaa mau tak mau ya harus nunggu. Terdengar cd playback sudah dimainkan dan tampak satu-satu personil muncul. Jreeng! terdengar langsung pak Eben memainkan intro gitar Darah Hitam Kebencian diiringi aplaus dan teriakan seluruh metal head yang hadir hari itu, lagu ini yang selalu mereka bawakan pada setiap penampilan mereka, apik, rapih, sound dan lighting maksimal disuguhkan Burgerkill sebagai band terakhir di acara Bandung Berisik 2011. Well sungguh sangat puas saya dan teman-teman dengan hanya membayar 25rb bisa hadir di acara metal yang konon terbesar di wilayah Asia Tenggara, benar-benar keren sungguh suatu kebanggaan. Kurang lebih 1000 orang datang pada saat itu dan semua provider komunikasi mengalami kendala entah kenapa, mudah-mudahan event Bandung Berisik ini membuka jalan bagi semua orang yang memang masuk dalam scene ini entah apalah bentuknya tapi saya yakin pasti membawa efek besar bagi musik Indonesia, khususnya musik metal dan membuka mata bagi orang-orang yang sebelumnya menganggap musik metal itu identik dengan keributan atau hal-hal negatif di dalamnya, dan kemaren kita semua para metalhead membuktikan itu semua tidak benar. Khusunya bagi orang-orang Crb yang menonton acara ini, jadi jangan hanya nonton doang, jadikan Bandung Berisik itu patokan bagi kalian yang memang sering membuat acara-acara metal, acara metal seharusnya begini, tatanan panggung, lightening, sound system, keamanan dan kenyamanan juga diperhatikan. Okeh cukup sekian dari ek, mudah-mudahan kita sama-sama bisa belajar dari event ini dan mudah-mudahan kedepannya Cirebon bisa memiliki acara yang seperti ini. amiiin.wasslm *sony666