Kabar terbaru dari Pairs, duo post-punk asal (Shanghai) yang beberapa waktu lalu sempat mampir ke Cirebon dalam lawatan tour Asia Tenggaranya. Pairs baru saja merilis EP berjudul 'Eltham Join' tanggal 27 February lalu. EP tersebut dirilis secara gratis dan dapat diunduh via bandcamp.

Yang menarik adalah di dalam EP tersebut terselip sebuah lagu berjudul 'Cirebon', whoaa sontak saya langsung memutar lagu tersebut. Lagu berdurasi 4 menit 19 detik ini hanya berinstrumenkan piano dari awal hingga akhir lagu, mereka juga menyisipkan suara-suara hasil dari dokumentasi mereka yang direkam dengan video recorder ketika mereka berkunjung untuk gig penghujung tahun 2012 di Cirebon. Setelah saya coba-coba dengarkan, meraba-raba sedikit lirik yang dicelotehkan ternyata lagu 'Cirebon' ini menceritakan tentang pengalaman mereka ketika bermain di Cirebon dan bagaimana mereka menikmati gig tersebut.

Sebuah rekaman wawancara pendek setelah gig oleh 'F' kepada sang drummer Rhys pun turut disisipkan di dalamnya. Sedikit tertangkap ditelinga saya obrolan mereka tersebut, 'F' mencoba menanyakan kepada Rhys tentang gig yang baru saja mereka lakukan, "We play the set, it's really good" jawabnya. Rhys juga memohon maaf karena mereka hanya sempat memainkan 2-3 lagu sebelum akhirnya ia kepanasan dan kemudian muntah. Kondisi fisiknya yang kurang baik membuat Pairs menghentikan pertunjukannya malam itu lebih cepat. Ya mungkin lagu ini adalah bentuk permohonan maaf mereka kepada teman-teman di Cirebon karena belum bisa tampil maksimal kala itu. Well, terima kasih Pairs semoga kalian bisa mampir kembali lain waktu. 再见!

PAIRS
Facebook 
Bandcamp